Tips Perawatan Berbagai Macam Jenis Lantai

Tips Perawatan Lantai

Sebagai penutup permuakaan tanah di dalam ruangan rumah anda pastinya anda membutuhkan lantai. Lantai sendiri terdiri dari banyak macam, dimana fungsi utamanya adalah untuk alas pijakan kaki sehingga kaki lebih nyaman saat berjalan dan beraktifitas di atasnya. Karena lantai termasuk dalam desain interior, maka sudah pasti anda harus memikirkannya dengan benar.

Tips Perawatan Lantai

Lalu material apa yang anda gunakan untuk lantai anda? Di setiap rumah pastinya memiliki jenis lantai yang berbeda. Maka dari itu kali ini APROinterior akan memberikan informasi tentang macam-macam jenis lantai yang bisa anda gunakan begitupun juga dengan tips perawatannya.

Tips Perawatan Lantai

Tanpa harus berbicara lebih banyak lagi simak saja langsung jenis-jenis lantai dan tipsnya di bawah ini.

Lantai Tegel

Jenis lantai di Indonesia cukup populer, apalagi jika mengunjungi rumah-rumah lama. Pembuatan jenis lantai ini sendiri menggunakan campuran semen dan pasir. Ada beberapa warna dan motif yang beredar di pasaran dimana ukurannya ada yang 30×30 cm dan 40×40 cm. Lantai tegel ini memiliki harga yang cukup murah dan pemasangannya juga mudah.
Cara perawatan: Jenis lantai ini sangat mudah untuk perawatannya, anda hanya cukup menyapunya sampai bersih lalu dilanjutkan dengan di pel. Jika anda ingin menghaluskan atau memperlicin permukaannya, gunakan ampas kelapa kemudian gosokan ke seluruh lantai sampai merata. Setelah didiamkan selama 1 jam, anda hanya cukup menyapunya sampai bersih.

Lantai Keramik

Masyarakat Indonesia untuk saat ini seringkali menggunakan keramik untuk material lantai rumah atau tempat lainnya. Pengerjaan dan perawatannya yang mudah dan murah menjadikan lantai keramik sering dipilih oleh kebanyakan orang.
Cara perawatan: Butiran pasir pada lantai keramik jika tidak dibersihkan maka bisa membuat permukaan keramik tergores, untuk itu anda harus rajin menyapunya. Untuk pengepelan sendiri anda bisa menggunakan air bersih saja atau jika perlu bisa ditambah cairan pembersih lantai. Namun anda harus menghindari pembersih lantai yang memiliki kandungan asam atau acid tinggi karena bisa membuat lapisan glazur keramik terkikis dan tidak mengkilat lagi.

Lantai Kayu/Parket

Banyak yang berpikiran bahwa perawatan lantai jenis ini sangat sulit juga biayanya yang mahal. Padahal, jika anda melakukan perawatan dengan cara yang benar maka lantai parket bisa memberikan keindahan pada ruangan rumah anda.
Cara perawatan: Akan lebih baik jika anda melakukan pemeliharaan rutin pada lantai jenis ini seperti mengepel dan menyapunya agar sisa debu dan kotoran tidak menjadi noda yang menempel. Namun, anda harus menghindari pembersih lantai yang mengandung wax karena bisa membuat lantai menjadi kusam, untuk pel juga jangan terlalu basah. Cara terbaik adalah anda menggunakan penyedot debu.

Lantai Marmer

Untuk anda yang mengidamkan tampilan mewah pada hunian rumah, pemilihan lantai marmeh sudah pasti paling cocok. Namun, untuk harga biasanya memang lantai jenis ini cukup mahal karena prosesnya yang membutuhkan waktu lama dan disesuaikan dengan permintaan anda.
Cara Perawatan: Lantai marmer harus dirawat dengan berbagai jenis perawatan, anda bisa menggunakan pel lantai dengan pembersih lantai lalu setelah kering oleskan krim yang digunakan untuk membersihkan mobil ke seluruh permukaan lantai marmer. Tunggu beberapa saa, jika krim tersebut sudah meresap gosok lantai marmer dengan spons pencuci piring. Bersihkan bekas krim dengan sapu lalu pel lantai seperti biasa.

Lantai Beton

denagn maraknya gaya desain interior kontemporer maka penggunaan lantai beton pun sering digunakan oleh banyak orang. Penggunaan lantai jenis ini bisa memberikan penampilan yang keras, maskulin namun tetap modern.
Cara perawatan: untuk lantai beton, perawatannya sangat mudah, anda hanya cukup mengepel lantai beton ini selama seminggu sekali, sangat hemat tentunya.

Itulah diatas beberapa cara merawat berbagai macam jenis lantai yang sering digunakan untuk hunian rumah anda. Yang terpenting memang anda harus merawat lantai rumah dengan rutin agar lantai tetap indah untuk dipandang dan dipijak.

Tips Perawatan Lantai

Semoga saja informasi tips perawatan lantai diatas bisa memberikan banyak referensi dan inspirasi bagi anda semuanya, terima kasih telah mengunjungi APROinterior dan jangan lupa simak info lainnya yang telah APROinterior siapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *